Cara Menanam Jagung Manis, Ikuti 8 Langkah Berikut Yang Disediakan

Cara menanam jagung manis cukup mudah, bisa dilakukan oleh siapa saja. Anda tentu saja bisa melakukan budidaya jagung manis. Usaha budidaya ini bisa Anda gunakan untuk kegiatan sampingan, bahkan untuk menambah pendapatan keluarga.

Hal terpenting yang perlu Anda pahami sebagai langkah awal cara menanam jagung manis adalah ketekunan. Sebuah usaha jika dilakukan dengan serius, fokus, serta sungguh-sungguh pasti akan memperoleh hasil yang optimal.

Untuk mengetahui cara menanam jagung manis, ada baiknya Anda untuk terlebih dahulu, deskripsi tentang jenis tanaman jagung manis :

• Siklus hidup jagung manis berkisar antara umur 60 hingga 150 hari sejak bibit jagung manis ditanam
• Ketinggian dari tanaman jagung manis berkisar antara 1 meter hingga 3 meter tergantung dari varietas bibit jagung manis.
• Mengalami dua siklus pertumbuhan sekaligus, yaitu vegetatif pada fase pertama, dan generatif pada fase berikutnya.
• Akar jagung manis termasuk jenis akar serabut
• Batang jagung manis beruas, dan tegak.



Inilah 8 Tahap Cara Menanam Jagung Manis :

1. Mendapatkan Benih Jagung Manis

Tahap pertama dalam cara menanam jagung manis adalah pengadaan bibit jagung manis. Usahakan untuk mendapat bibit jagung manis yang berkualitas tinggi, benih merupakan hasil dari indukan varietas unggul, bebas dari segala jenis penyakit serta cacat fisik, dan hasil panen berlimpah.

Untuk mendapatkan benih jagung manis yang berkualitas tersebut, sebaiknya Anda mendapatkannya pada petani jagung manis yang sudah sering melakukan budidaya jagung manis serta memiliki hasil panen yang berlimpah. Sebab cara menanam jagung manis meskipun dilakukan dengan cara yang benar, akan percuma saja jika ternyata bibit yang Anda tanam berkualitas rendah.

2. Mengolah Lahan Tanam

Cara menanam jagung manis selanjutnya adalah mempersiapkan lahan sebagai media untuk menanam jagung manis.  Berikut cara – cara yang dapat Anda lakukan :

• Cangkul lahan untuk menghasilkan tanah yang gembur, kemudian diamkan selama 1 minggu untuk dianginkan.
• Bersihkan juga lahan dari gulma berbarengan dengan pada saat mencangkul lahan.
• Untuk tanah yang memiliki kadar asam yang tinggi, yaitu PH kurang dari 5, bisa ditambahkan kapur dolomit dengan dosis 1 ton per 2 hektar lahan.
• Berikan juga pupuk kandang sebagai nutrisi tanah agar lahan memiliki tingkat kesuburan yang baik untuk cara menanam jagung manis.
• Untuk cara menanam jagung manis, Anda tidak perlu membuat bedengan, hanya saja dibuatkan drainase untuk aliran air hujan agar tidak menggenangi lahan setiap jarak 4 meter.
• Buatkan lubang tanam tugalan dengan kedalaman 4 hingga 5 cm, dengan jarak antar lubang tanam berkisar antara 30 x 60 cm.

3. Cara Menanam Jagung Manis

Setelah lahan siap, langkah berikutnya adalah memasukkan bibit kedalam lubang tanam yang sudah dibuat. Cara menanam jagung manis yang baik sebaiknya dimulai pada awal musim penghujan, serta setiap satu lubang tanam baiknya hanya diisi satu benih tanaman jagung manis.

4. Penyulaman Tanaman

Setelah benih ditanam berusia satu minggu, cek pertumbuhan tanaman jagung manis Anda. Gantilah beberapa bibit yang tidak tumbuh sempurna dengan bibit yang baru untuk menghasilkan pertumbuhan tanaman yang seragam. Cara menanam jagung manis pada tahap ini dinamakan sebagai tahap penyulaman tanaman.

5. Penyiangan dan Pembumbunan Tanaman

Setelah tanaman berusia 2 minggu sejak masa tanam, bersihkan rumput – rumput liar yang tumbuh disekitar tanaman dengan cara dicabut menggunakan tangan maupun dengan cangkul kecil. Membersihkan gulma dengan cara alami dan tidak menggunakan pestisida adalah cara menanam jagung manis yang lebih dilanjurkan untuk hasil panen yang maksimal.



Lakukan juga pembumbunan tanaman agar batang tanaman tidak mudah roboh dengan cara mengumpulkan tanah-tanah disekitar tanaman ke arah akar tanaman jagung manis hingga terbentuk gundukan tanah untuk menguatkan tanaman. Proses pembumbunan dalam cara menanam jagung manis dapat dilakukan setelah tanaman berusia kurang lebih 1 bulan setelah ditanam.

6. Penyiraman

Cara menanam jagung manis setelah beberapa tahap diatas, juga diperlukan tindakan penyiraman secara rutin terlebih jika menghadapi musim kemarau. Tujuan dari penyiraman itu sendiri adalah untuk menjaga kelembaban lahan dan agar tanaman tidak kekurangan kadar air yang dibutuhkan tanaman untuk proses pertumbuhan.

7. Pemupukan Susulan

Lahan juga perlu dilakukan pemupukan sususan dengan menggunakan pupuk kandang maupun bubuk buatan untuk menjaga keadaan tanah tetap subur dan kaya akan unsur hara. Cara menanam jagung manis untuk tahap pemupukan sususlan tersebut dapat dilakukan pada saat usia tanaman jagung berumur 2 bulan sejak benih ditanam.

8. Panen Jagung Manis

Tahap pemanenan jagung manis bervariasi tergantung dari jenis varietas jagung manis yang Anda tanam, suhu cuaca lingkungan lahan, serta ketinggian tanah lokasi lahan juga turut menentukan waktu pemanenan.

Cara menanam jagung manis pada dataran rendah, umumnya dapat dipanen lebih cepat dibandingkan dengan cara menanam jagung manis pada dataran tinggi. Dan jika musim hujan, panen jagung manis bisa lebih lama dibandingkan dengan musim kemarau. Namun demikian rata – rata umur tanam jagung manis sampai siap dipanen adalah berkisar antara 60 hingga 150 hari tergantung berbagai faktor tersebut.

SUMBER : Infoagro

Nota : Jika Anda Rasa Artikel Ini Menarik Mohon Kongsikan Kepada Rakan Rakan Anda Di Facebook Dan Jangan Lupa Untuk Like dan Terus Ikut Kami Di Lubok Cerita Express