Manfaat Pokok Kuning Telur / Khasiat Buah Canistel (Pouteria Campechiana)

Manfaat Pokok Kuning Telur / Buah Alkesa Bagi Kesihatan



ANDA mengenal buah berwarna kuning bersih ini?. Ini adalah buah Alkesa, buah yang banyak di pasaran. Orang lebih banyak menyebut buah berwarna kuning bersih ini sebagai Kesah, Kanistel, Sawo Walanda, Sawo Belanda, atau Sawo Ubi (Pouteria campechiana). Warnanya yang kuning dan terselit di gigi membuat secara kelakar disebut sebagai buah Jigong. Buah ini berasal dari bandar Campeche, Mexico.

Kulitnya tipis dan mudah mengelupas. Isi buah berwarna kuning, lembab, agak kering dan menepung, berbau harum khas agak samar, buah matang berasa manis. Alkesa kaya akan kalori, karbohidrat/zat tepung, serat. kalsium, fosfor, karoten, thiamin, riboflavin, niasin, dan vitamin C. Kandungan ini membuat buah ini disebut-sebut sebagai alternatif makanan tambahan.

Meski Belum Popular, Namun Alkesa Memiliki Banyak Manfaat. Apa Manfaatnya?

Dimakan Sebagai Buah

Sama seperti buah lainnya, daging buah Alkesa boleh dimakan terus. Rasa buahnya mirip ubi jalar kuning, manis dan agak kesat. Saat makan biasanya ditambah garam, lada, atau dicampur dengan sari jeruk dan mayones.

Bahan Campuran Sajian Makanan

Buah kaya zat ini sering dipadukan untuk berbagai macam keperluan. Alkesa sering dijadikan bahan baku selai, dodol atau dibuat tepung untuk bahan campuran cake, brownies, kue talam, cookies atau kuih kering. Bisa juga dicampurkan ke dalam puding, kuih dadar (pancake), atau pai ‘labu’. Buah ini bisa juga dipakai untuk campuran milkshakes, dan ais cream.

Alkesa Sebagai Ubat

Di Meksiko dan Kuba, kulit buah Alkesa bisa sebagai ubat demam panas. Isi buah dan rebusan daun Alkesa bisa untuk mengubati diare atau sakit perut. Cara memanfaatkannya, buah Alkesa yang masih muda muda diparut, diperah dan ditapis. Campur dengan air suam. Diminum, 2 kali sehari.

Mengatasi Sakit Mulut

Daun Alkesa muda dicincang dan direbus dengan air bersih secukupnya. Tunggu sampai mendidih dan dinginkan. Pakailah air hasil rebusan untuk berkumur.

Menjaga Kesihatan Mata

Alkesa memiliki vitamin A (karoten), sehingga jika mengonsumsi buah ini akan menyehatkan mata.

Mencegah Kanser Usus

Buah Alkesa memiliki kandungan serat yang tinggi. Serat akan baik untuk pencernaan di dalam usus. Terhindar dari penyakit sembelit dan mencegah kanser usus.

Pencegahan Jantikan Kuman

Alkesa mempunyai vitamin C dan A yang cukup baik. Vitamin A membantu menjaga kesehatan mata dan kulit. Vitamin C perlindungan terhadap serangan radikal bebas yang berbahaya dan mencegah jangkitan kuman.

Minuman Juice

Buah ini juga sedap dibuat juice setelah dicampur dengan susu, atau dibuat rojak. Buah ini boleh juga dibuat sirap atau bahan minuman Kanistel/Alkesa.

Makanan Bayi

Buah Alkesa untuk dijadikan bubur bagi anak yang alergi dengan susu lembu. Campuran susu dengan buah Alkesa juga mengandung zat tinggi. Di Sabah, Alkesa ditambah susu dipakai sebagai bubur makanan bayi.

Kayu Untuk Bahan Bangunan

Kayu pohon Alkesa termasuk kuat dan keras. Kayunya baik untuk dibuat sebagai papan atau tiang. Kayunya digunakan sebagai bahan perabotan rumah tangga dan patung atau ukir-ukiran. Lateks yang dikeluarkan disadap untuk campuran getah.

Banyak manfaat yang baik diambil masyarakat dari buah langka di atas. Alternatif sebagai makanan pengganti juga dimungkinkan. Saat sekarang, tanaman langka ini sudah mulai berkembang ke beberapa daerah. Buah Alkesa pun sudah mulai ditemukan di mana-mana.



SUMBER : Manfaat.id

Nota : Jika Anda Rasa Artikel Ini Menarik Mohon Kongsikan Kepada Rakan Rakan Anda Di Facebook Dan Jangan Lupa Untuk Like dan Terus Ikut Kami Di Lubok Cerita Express